Apa Kegiatan Favoritmu Saat Tanggal Merah dan Weekend?

Pada hari Minggu kuturut Ayah ke kota, naik delman icimewa kududuk di muka,,,*wait...muka kok didudukin??? Gak usa dibahas panjang lebar ya, hihihi saya gak pengen bahas naik delman apalagi duduk di muka. Saya mau bahas tentang hari libur.



Apa yang biasa kamu lakukan saat weekend atau libur tanggal merah? 

Pertanyaan ini bisa memunculkan beragam jawaban pada masing-masing orang. Ada yang jawab liburan donggg ada juga yang jawab di rumah aja. Nah, Kalo liburan dirumah aja ngapain tuh?


A.  Jalan-jalan, Rekreasi, Vacation, Trip, dan sederet istilah lain yang bermakna sama


Yang punya budget berlebih pasti sangat memanfaatkan sekali  untuk rekreasi meski waktunya cuma sehari dua hari. Ada yang mengatakan work hard play hard, udah kerja keras capek-capek jadi maennya juga harus jauh dan sesuai sama apa yang udah diusahakan. Ada pula yang memang jauh-jauh hari nabung demi bisa liburan ke tempat jauh karena emang jenuh dengan aktifitas, pengen ngelupain mantan dll. Ada juga yang berprinsip, liburan tuh harusnya diluar rumah, ngelakuin apa yang biasanya gak dilakuin, tamasya.

B.   Liburan dirumah aja.


Memanfaatkan liburan sehari dua hari ada yang lebih suka diem diri dirumah. Alasannya antara penghematan (baca:gak punya duit buat jalan-jalan), ngelembur (lembur beberes dan cucian), nanggung mau ke luar kota karena libur cuma sehari sampai alasan males (males mau ngapa-ngapain, jenuh). Apa aja sih yang bisa dilakukan dirumah kalo lagi libur?

1.     Beres-beres



Huft, yang ini bisa masuk kategori rajin atau bisa juga masuk kategori teladan dan wajib dapat kalpataru *lebay amat ya. Oke, sebagian orang memang sibuk sekali bekerja hingga pas pulang sudah malas mau ngapa-ngapain, pengen beli makanan instan males masak saking capeknya trus langsung tidur ato istirahat tanpa sempat beres-beres. Jadilah dia memanfaatkan libur sehari dua harinya untuk beberes rumah. *hiks ini saya banget duluuu waktu di rumah lama. Pagi ngajar, sore ngelesi, malam nulis artikel. walhasil males masak, beli aja dan beberes rumahnya pun pada hari minggu kuturut ayah ke kota *nah kan ngelantur.

2.    Nyuci Baju



Ini mah setipe sama beres-beres tadi ya. Paling sepakat deh kebanyakan pasti bilang Minggu itu hari mencuci nasional (kecuali yang punya pembantu, yang nyucinya gak mesti hari Minggu). Tapi buat para bujang dan ibu2 yang kerja, pasti Minggunya dipake buat nyuci baju. Kalopun mau jalan-jalan pasti nyucinya dipindah sabtu malam, minggu subuh ato ditumpuk ampe minggu depan. Yah, kalo yang satu ini saya Alhamdulillah ya, suami tipe super sabar bin pengertian, jadi tugas nyuci baju diambil alih sama suami. Semenjak nikah, saya paling sesekali aja nyuci baju.

3.    Masak Istimewa



Bukan berarti tiap hari masakannya gak istimewa. Tapi saya pribadi kalau ada waktu libur sehari dua hari dan dirumah aja selalu nyempetin diri memasak yang masakannya butuh waktu lama dan ketelitian*ceilahhh. Atau nyempetin bikin cemilan yang kalau hari biasa gak bakal sempet bikin saking sibuknya (baca: saking malesnya habis nulis seabrek-abrek). Nah saya yakin banyak lajangwati dan ibu2 diluar sana yang juga manfaatin liburan buat bikin masakan atau kue spesial *sok yakin lebih tepatnya.

4.    Baca Buku



Mumpung libur, gak ada budget buat jelong-jelong, ya udah namatin buku yang kemarin baru dibeli atau baru didownload aja. Kegiatan ini jadi favorit para kutu buku yang ngerasa membaca sudah mewakili jalan-jalan yang tak tersampaikan *termasuk daku ya. Membaca jadi kegiatan mengasyikkan tersendiri apalagi kalau gak ada gangguan kerjaan, tanggungan masak, cucian dll. hihihi...

5.    Namatin Drakor


Hihihi... ini mah khusus pecinta drakor ya. Liburan sehari dua hari adalah waktunya mantengin drakor ampe tamat. Termehek-mehek hingga ketawa ketiwi sendiri berasa diri jadi pemeran utama. Yahh, kegiatan yang satu ini bisa dapat jam yang lebih panjang ketimbang hari biasa yang setelah kesibukan ampun2an cuma sempet nengok sedikit cuplikan drakor kesayangan. Ketika libur tlah tiba maka drakor pun mengambil alih jam yang biasanya dipake kerja. hehehe...

6.    Goleran di Kasur


Nah ini adalah tipe kegiatan yang paling banyak dilakuin meski pada awalnya niat banget pengen beberes rumah, masak and bikin kue, beres-beres rumah dan sederet aktifitas produktif lainnya. Hihihihi..niatnya doang kenceng banget ya, pengen ini pengen itu banyak sekaliiiii....dan pada kenyataannya kegiatan males-malesan di kasur-lah yang menjadi favorit.

Liburan yang dihabisin di rumah aja biasanya berakhir dengan leyeh-leyeh manja di kasur tercinta. Bagi kebanyakan orang, mau yang nikah apa belum atau yang udah nikah yang punya anak maupun belum.

Kenapahhhhh????? Menurut saya alasannya adalah balas dendam. Iya, dendam karena semingguan udah kerja keras. Dendam karena udah ngelakuin the best that we can do selama seminggu. Dendam karena tiap harinya belum sempet namatin drakor *ini mah saya sendiri ya. Dendam karena seminggu ‘Me Time’-nya cuma pas mau tidur malam. Nah dendam tersebut bisa terpuaskan saat ada tanggal merah atau pas hari libur. Berasa bebas ngelakuin apa aja yang selama seminggu udah terpendam banget.

Jadi, saking banyaknya yang pengen dilakuin, pas mata melek dan ngulet2 di kasur akhirnya bingung mau ngelakuin apa dulu, mau nonton drakor, baca, berkebun atau apa dulu nih...akhirnya ngambil HP, ngecek beragam sosial media dan gak kerasa waktunya jalan gitu aja. Akhirnya liburan pun berakhir di kasur wkwkwkwkwk....

Tapi gak semua kayak gitu ya, ada juga loh yang kalo libur semangat, kayak saya contohnya *huuuuu. Bangun pagi ngurusin kebun, senam-senam ringan (nyapu ngepel), nyiapin sarapan, nonton drakor daaaannnn tak lupa leyeh-leyeh di kasur *tuhhhhh kan ujung-ujungnya leyeh-leyeh di kasur.

Intinya, meski liburanmu gak kemana-mana alisa dirumah aja, banyak kegiatan yang bisa kamu lakuin, mulai dari nyuci baju, beberes, masak, nonton drakor, berkebun dll. Anyway, apapun yang kalian lakuin saat weekend, jangan lupa bahagia ya...


NB: Tulisan ini gak mengandung pesan moral apapun. Ini iseng aja nulis buat menuhin blog daripada sepi :p Makasih yang udah mampir J

3 komentar: